Inilah ‘Si Juara’ yang Ramaikan Dunia Kreatif Inggris

Penganugerahan International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Award 2011 akhirnya berhasil ‘menemukan’ empat juara di berbagai divisi. Pengusaha muda kreatif itu mewakili empat bidang industri yaitu design, interactive, fashion dan screen.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Deputy Head of Mission Alison Blackburne, Country Director British Council Keith Davies berserta President Director Nokia Bob McDougall telah menyerahkan penghargaan kepada para pemenang yang disaksikan oleh para finalis. British Council juga menghadirkan Tom Box, pendiri dari Blue Zoo, teknologi animasi studio yang telah raih penghargaan di berbagai ajang kreatif seperti BAFTA yang merupakan penghargaan seni film/televisi tertinggi di UK.

Pemenang dari kategori Fashion adalah Aria Rajasa, Pemik dan Direktur Gantibaju.com “Inovasinya dalam industri fashion untuk memberdayakan dan berkolaborasi dengan mengenalkan desainer dan crowd sourcing sebagai metode yang terlibat dalam bisnis membuat proyek itu sebagai kekuatan yang memberikan nilai dan benefit dalam komunitasnya. Dia tidak menghasilkan pendapatan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk masyarakat. Kesadaran akan sifat bisnis, keinovatif-an dan keterbukaan pikiran membuatnya sebagai pribadi yang luar biasa yang mengilhami masyarakat,” kata Edward Hutabarat, perancang yang pertama kali mempopulerkan batik sebagai busana yang trendi untuk sehari-hari pada tahun 2006.

Juara YCE 2011 dari kategori design adalah Joshua Simandjuntak. Ia merupakan pendiri, kepala sekolah, managing director dan desainer senior Zylia Design Studio. “Idenya untuk mempromosikan Desain lokal Jepara ke mebel modern sangat unik. Beliau tidak hanya mempromosikan ornamen, tetapi juga mempromosikan fungsinya yang berdasarkan adat setempat. Selain mempromosikan produk tetapi juga membentuk sistem desain serta membuat karya-karya dengan komunitas pengrajin yang tidak hanya menyelesaikan masalah desain tetapi juga untuk membantu mengembangkan masyarakat lokal,” ujar Dr. Dudy Wiyancoko, Ketua Jurusan Industrial Design di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung.

Selanjutnya, pemenang dari kategori Interactive adalah Affi Assegaf, Pemilik Female Daily Network “Affi mampu untuk membentuk pasar yang signifikan pada sebuah bisnis portal tentang fashion and gaya hidup. Memiliki pasar yang spesifik, yaitu wanita, yang mana sangat loyal sehingga memungkinkan untuk pengembangan dan perluasan bisnis portal gaya hidup miliknya sangat besar. Selain itu, Dalam portalnya, memberdayakan wanita untuk lebih peka terhadap teknologi untuk pengembangan kemampuannya,” ujar Muhammad Lukman, Pendiri dan Head of Design dari Pixel People Project (www.batikfractal.com), pusat riset dan desain batik fraktal di Bandung.

Yang terakhir, pemenang dari kategori screen adalah Arvin Miracelova, CEO, Pemida QB/Siswa Televisi Musik (SMTV). “Kesukaannya dalam musik, video dan pendidikan merupakan sumber terbaik untuk meningkatkan bisnisnya ke proyek-proyek kolaboratif untuk mahasiswa dan kaum muda. Keunggulanya dalam mengenali potensi pasar memperkuat program-program berbasis masyarakat yang diusungnya,” ujar Arief Suditomo, pemimpin redaksi RCTI.

Para juara tersebut akan ke Inggris pada pekan September 2011 selama seminggu. Mereka bisa mempromosikan karya kreatifnya di festival ternama macam London Film Festival, Power to the Pixel, London Design Festival dan London Fashion Week serta berjejaring dengan para tokoh senior kreatif di UK.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s